Friday, March 4, 2011

Tour ke Karimunjawa

Karimunjawa adalah kepulauan indah yang berada di Utara P. Jawa, tepatnya 83 km Utara kota Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini mempunyai sekitar 27 pulau yang masih sangat natural.
Terumbu karang dan biota lautnya sangat menarik untuk dinikmati.

Berikut akan saya jabarkan rute yang harus ditempuh untuk sampai di kepulauan yang eksotis ini.



Perjalanan P.Jawa - Karimun Jawa

Pelabuhan Tanjung Mas
a. Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Anda dapat langsung menempuh perjalanan dengan kapal cepat Kartini (ferry cepat) jika tidak berniat untuk membawa kendaraan ke Karimunjawa (saya sarankan memang tidak perlu membawa kendaraan pribadi, karena kota di Karimunjawa relatif kecil, dapat ditempuh dengan berjalan kaki).
Perjalanan ini menempuh 1,5 jam untuk sampai ke pelabuhan Kartini, Jepara, lalu dilanjutkan sekitar 2,5 jam untuk sampai di pelabuhan Karimunjawa.
b. Pelabuhan Kartini, Jepara. Sampai di Jepara langsung menuju pelabuhan Kartini dan dilanjutkan dengan kapal ferry Muria (jika Anda berniat membawa kendaraan pribadi seperti motor/mobil). Perjalanan ditempuh selama kurang lebih 6 jam. Jika Anda ingin memakai kapal cepat Kartini juga bisa dari pelabuhan ini.




Ferry MURIA

Kapal Cepat Kartini


Setelah sampai di pelabuhan Karimunjawa, langsung saja menuju hotel / homestay yang ada disana. Tarif disana terhitung relatif murah. Ada beberapa hotel yang dapat di tempati disana :
1. Dewa Daru - persis di depan pelabuhan pelabuhan
Dewa Daru

2. Escape -
Escape
Escape1
berada di sebelah Dewa daru, sebelah kanan jika dari pelabuhan. Hotelnya cukup tenang, dekat dengan pantai dan mempunyai kamar yang lumayan bagus. Jika berjalan kaki jarak ke pelabuhan cukup dekat, dapat dilalui dari halaman Dewandaru, jika menggunakan kendaraan harus mengambil jalan memutar.
 
3. Duta Karimun - berada di tengah-tengah peradaban, dekat dengan alun-alun, jadi mudah kalau mencari kebutuhan sehari-hari. Masakan hotelnya juga enak2. Namun cukup berisik jika malam hari, ga cocok buat honeymoon. Kamarnya juga pas-pasan.

4. Karimun Inn - terletak disebelah atas, jadi capek klo jalan kaki. Tenang, tapi jauh dari pantai, cocok untuk yang membawa kendaraan pribadi. Kamar lumayan banyak.

5. Nirvana - ini hotel paling muahal disana, tapi tentu dilengkapi dengan private beach, viewnya juga asik.
Nirvana dan pantainya

private beach

view

cukup sekian dulu, berikutnya akan saya lanjutkan dengan aktivitas2 perjalanan wisata ke Karimunjawa.

No comments: