Thursday, March 3, 2011

Tips Menghasilkan Foto Tajam

Hampir semua fotografer menginginkan hasil jepretan yang tajam. Berbagai macam fitur kamera dan asesorisnya pun telah banyak diciptakan. Mulai dari stabilizer, tripod, software, dll.
Berikut adalah tips-tips singkat yang mungkin dapat membantu fotografer pemula untuk meningkatkan ketajaman hasil jepretannya.






  1. Jika kamera Anda adalah SLR/DSLR belilah lensa yang bagus, bukan lensa KIT, karena biasanya lensa KIT mempunyai kualitas yang biasa-biasa saja. Lensa yang bagus biasanya ditandai dengan aperture yang besar (mis.: f/1.8). Jadi kalau mau beli SLR mending belilah yang terpisah alias Body Only (BO).
  2. Atur shutter speed secepat mungkin, karena semakin cepat shutter speed, semakin tajam pula foto yang dihasilkan. Aturannya pakailah shutter speed yang lebih cepat dari panjang focal length lensa Anda (misal : focal length lensa 50 mm gunakan shutter speed 1/60 atau lebih cepat.
  3. Semakin besar aperture semakin tajam foto. Jadi gunakanlah aperture besar misal f/1.8. Namun biasanya sebuah lensa memiliki sweetspot yaitu aperture tertentu dimana lensa akan menghasilkan foto yang paling tajam. Biasanya dua spot diatas aperture masksimal (mis: untuk lensa f/2.8 sweet spotnya f/5.6)
  4. Menambah ISO akan mempertajam hasil foto. Namun jangan terlalu besar, karena semakin besar ISO noise yang dihasilkan pun akan meningkat.
  5. Pastikan fokus berada di mata jika sedang memotret wajah. Jika memotret obyek lain pastikan fokus jatuh pada bagian yang diinginkan. Autofokus bisa saja salah dalam memilih.
  6. Menggunakan tripod dapat banyak membantu dalam mempertajam foto.
 Semoga bermanfaat..:)

    No comments: