Friday, March 25, 2011

Khasiat Bir Bagi Kesehatan

Bir atau beer yang bagi kebanyakan orang adalah minuman yang tabu/haram/menjijikan/dilarang, ternyata mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan manusia. Dari berbagai penelitian, meminum bir dalam skala moderat (sesuai kemampuan) dapat menjaga kesehatan spesifik. Berikut adalah beberapa manfaat yang ditemukan dalam kandungan bir menurut beberapa penelitian:


  1. Institue of Epidemology di University of Muenster menemukan bahwa mengkonsumsi bir dalam jumlah moderat dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner. Alasanya adalah, alkohol dalam kapasitas rendah dapat meningkatkan HDL atau kolesterol positif yang berguna merawat jantung.
  2. TNO Nutrition and Food Research Institute, Jerman, menemukan bahwa peminum setia bir meningkatkan 30 persen kadar vitamin B6 lebih banyak dalam tubuh, dibanding mereka yang tidak minum bir, dan dua kali lebih banyak dari peminum anggur merah.
  3. Penelitian yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology menyebutkan resiko orang paruh baya yang gemar minum bir terkena batu ginjal menurun sebanyak 40 persen, dibanding mereka yang tidak minum sama sekali. Artinya, kandungan kimia dalam bir dapat membantu mengikis kerak yang sering menempel di dinding ginjal sehingga pengeluaran urine lebih banyak dan ginjal pun bersih.
  4. Sebuah studi dari Harvard menemukan bahwa wanita paruh baya yang rajin minum bir terbukti memiliki fungsi mental yang lebih baik, dan tulang belakang yang lebih padat. Hal ini karena bir mengandung semacam zat yang mirip dengan esterogen, hormon wanita yang berkurang seiring usia.
  5. Senyawa Xanthohumol dalam bir terbukti dapat menghambat sel kanker berkembang dalam tubuh. Karena itu konsumsi bir tidak berlebihan sama saja memasikan anti bodi kanker. Orang dapat bebas kanker ketika secara rutin mengkonsumsi bir secukupnya.
  6. Sementara itu, menurut pengalaman saya selama ini, minum bir setelah mengkonsumsi masakan laut kolesterol tinggi (kepiting, dll) dapat membantu menawarkan "racun" sea food yang kerap membuat kita mual, puyeng, alergi, dll. Dan, minum bir juga dapat membantu saat kita merasa badan kurang sehat, misal masuk angin, meriang, dll. Itu menurut pengalaman saya lhoo...
Semoga bermanfaat...
Life is Amazing

No comments: