Saturday, January 29, 2011

Mengatasi sebuah kegagalan


Setiap manusia pernah mengalami kegagalan, pernah melakukan kesalahan. Namun, apakah kita akan merenungi terus kesalahan/kegagalan kita, atau kita akan melupakannya dan bergerak maju ke awal yang baru?
Berikut adalah beberapa tips agar kita lebih kuat.

Ada liima penyebab kegagalan:
  1.  Kita gagal ketika tidak membuat rencana lebih dulu - maka buatlah rencana lebih dulu untuk segala sesuatu yang akan Anda lakukan.
  2. Kita gagal ketika kita pikir kita sudah sampai pada tujuan - jangan merasa lebih tinggi dari orang lain, jangan mengandalkan diri sendiri.
  3. Kita gagal jika kita takut mengabil resiko - jangan takut melakukan sesuatu yang beresiko, jangan takut gagal.
  4. Kita gagal karena terlalu cepat menyerah - tekunlah dalam melakukan suatu pekerjaan, seperti perangko yang terus menempel sampai surat itu sampai tujuan.
  5. Kita gagal karena tidak mendengarkan Tuhan - jangan dengarkan perasaan Anda jika bertentangan dengan kitab suci Anda.
Itulah biasanya penyebab kegagalan yang sering kita lalui, makanya jangan diulangi.
Sedangkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendapat awal yang baru dalam hiduo kita :
  1. Bertanggung jawab sepenuhnya atas kegagalan kita adalah hal pertama yang harus dilakukan. Akuilah kesalahan yang telah Anda lakukan. Jangan takut, karena tidak ada orang yang sempurna.
  2. Berhentilah menyesal dan mulailah bertobat.  Ubahlah pikiran Anda dan lihatlah permasalahan itu dari sudut pandang yang berbeda. Penyesalan tidak sama dengan perubahan, penyesalan membuat Anda tetap terpenjara dalam kegagalan, sedangkan pertobatan membuka jalan ke awal yang baru.
  3. Lupakan yang telah terjadi dan berfokuslah ke masa depan. Masa depan Anda tidak sama dengan masa lalu Anda. Anda tidak dapat merubah masa lalu, tapi Anda dapat merubah masa depan Anda.
  4. Percaya bahwa Tuhan akan membereskan semua.
Semoga membantu.
Gbu

No comments: