Wednesday, February 2, 2011

Mengatasi Kemalasan dan Kebiasaan Menunda


Malas / menunda-nunda adalah suatu kebiasaan yang berdampak negatif, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Bagi kebanyakan orang, karakter ini sangat sulit untuk dihilangkan.

Padahal, bermalas-malasan atau menunda-nunda pekerjaan atau melakukan hal-hal yang tidak penting dapat berakibat fatal bagi kehidupan anda selanjutnya. Jam-jam yang anda habiskan dengan sia-sia akan bertumpuk menjadi hari-hari yang tidak berarti, dan sebelum Anda menyadarinya, tahun-tahun yang berharga telah hilang tanpa dapat ditebus lagi karena waktu tidak dapat diulang kembali. Inilah yang menyedihkan, banyak orang yang berharap dapat memutar kembali waktu.

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda merubah kebiasaan buruk Anda:
1.      Keinginan untuk berubah. Bertanyalah pada diri sendiri, “Apakah yang terjadi bila saya berubah menjadi lebih baik?”
2.      Putuskanlah untuk berubah. Keinginan saja masih kurang jika tidak disertai dengan motivasi dari dalam diri Anda.
3.      Tetapkan gagasan Anda. “Apa yang sebenarnya anda inginkan dari kehidupan?” Tuliskan semua impian Anda, lalu pilihlah yang benar-benar ingin Anda lakukan.
4.      Tetapkan tenggat waktu dan langkah-langkah untuk mencapai impian-impian yang telah Anda  pilih.
5.      Lakukan segera. Ingatlah perkataan Lao Tse, “Perjalanan ribuan kilometer dimulai dengan satu langkah”.
6.      Sebelum Anda tidur, buatlah daftar apa yang harus dilakukan esok hari.
7.      Tanyakan pada diri anda beberapa kali sehari, “Bagaimana cara terbaik menggunakan waktu saya saat ini?”
8.      Bekerjalah dengan lebih pintar, bukan lebih keras.
9.      Ingatlah bahwa waktu tidak dapat diulang kembali dan manfaatkanlah waktu secar efektif.
10.  Hindari orang-orang yang suka membuang-buang waktu karena dapat mempengaruhi Anda.

“Kita hanya melewati hidup ini sekali. Karena itu setiap hal baik yang dapat Anda kerjakan, atau setiap kebaikan yang dapat Anda tunjukan kepada sesama, lakukanlah sekarang. Karena kita tidak akan melewati jalan ini lagi.”

Jika Anda berhasil melakukan perubahan dengan membuang kebiasaan malas, menunda, dan melakukan hal-hal yang tidak penting, akan banyak perbedaan yang anda rasakan. Anda akan mempunyai lebih banyak waktu untuk keluarga, teman, diri sendiri, bersantai, dan menikmati hidup.

Ingatlah bahwa hidup hanya sekali, jadi hiduplah dengan bijaksana.



1 comment:

Anonymous said...

terima kasih...